hitcounter

Cara membersihkan kipas laptop, Laptop pun lebih awet

Cara 2Bmembersihkan 2Bkipas 2Blaptop 252C 2BLaptop 2Bpun 2Blebih 2Bawet

Cara untuk membersihkan kipas laptop. Mungkin Anda merasa membersihkan kipas laptop itu tidak diperlukan, itu merupakan pemikiran yang salah. Anda harus menyediakan waktu setiap bulan untuk membersihkan kipas laptop. Apalagi jika Anda sering menggunakan laptop di luar kota, atau dibawa traveling. Maka kemungkinan kipas laptop kotor pun akan semakin besar.

 

Tujuan membersihkan kipas laptop

Sesungguhnya mengapa Anda perlu untuk membersihkan kipas laptop? Untuk diketahui bahwa kipas laptop berfungsi untuk mendinginkan prosesor yang menghasilkan panas ketika bekerja untuk memproses data. Apalagi jika laptop Anda adalah laptop gaming. Panas yang dihasilkan tersebut disalurkan keluar dari saluran udara yang umumnya terdapat di bilah samping dari laptop. Fungsi kipas laptop sangatlah vital, sebab apabila panas yang dihasilkan prosesor tak didinginkan dan disalurkan, akan tercipta suhu yang terlalu tinggi, dan kondisi tersebut bisa merusak prosesor laptop Anda. Jika prosesor sudah rusak, sama saja laptop Anda sudah menjadi barang rombeng yang tidak ada harganya. Karena kemungkinan untuk dapat diperbaiki sangatlah kecil.

Langkah-langkah membersihkan fan atau kipas laptop

  1. Buka baterai laptop
  2. Buka baut di bawah baterai laptop satu per satu, tempatkan di lokasi yang aman dan dapat dilihat oleh Anda
  3. Sesudah semua baut Anda lepas, berikutnya angkat casing laptop secara perlahan
  4. Buka baut penahan kipas laptop, biasanya ada 4 baut dengan size kecil
  5. Pakai kuas mini halus dan gunakan untuk menghilangkan debu yang menumpuk di badan kipas hingga bersih semuanya
  6. Check lagi ventilasi udara laptop dan part lainnya, bersihkan semua
  7. Pasang kembali kipas laptop pada tempatnya, jangan lupa dibaut lagi
  8. Tutup casing laptop dan pasang lagi baut yang sudah Anda lepas sebelumnya
Baca juga  5 Aplikasi Pengolah Gambar Gratis Alternatif Photoshop

Cara membersihkan fan laptop tanpa harus membuka casing

Jika Anda malas membuka casing laptop, sesungguhnya ada satu lagi cara yang bisa Anda coba. Di mana cara ini lebih mudah untuk dilakukan, dan Anda tidak perlu takut akan resiko kehilangan baut yang berukuran kecil saat dilepas.

Untuk itu, Anda akan membutuhkan compressed air. Alat ini dapat menembakkan udara. Gunakan compressed air di ventilasi yang terdapat pada sisi samping laptop Anda, supaya celah yang menyumbat, debu-debu dapat terkipas keluar. Tetapi memang cara ini walaupun lebih mudah, masih lebih bersih menggunakan cara yang pertama, dengan menggunakan kuas mini. Sebab Anda bisa melihat bagian dalam dari laptop termasuk kipas laptop, sehingga bisa memastikan apakah memang debu yang menempel sudah benar-benar berhasil dibersihkan semuanya atau tidak.

Cara membersihkan fan laptop menggunakan compressed air bukannya tidak kami rekomendasikan. Tetapi kami menyarankan bagi Anda untuk sesekali tetap menggunakan cara yang pertama. Khususnya jika Anda merasa sudah lama tidak membersihkan fan laptop. Compressed air dapat Anda gunakan untuk membersihkan debu yang menempel di kipas laptop pada saat Anda sedang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk membersihkan laptop.

Setelah dibersihkan, jangan lupa check perubahan suhu pada tiap komponen laptop. Anda dapat melakukan ini dengan software khusus.

Kesimpulan :
Untuk membersihkan kipas laptop dapat Anda lakukan sendiri di rumah, tidak perlu membayar orang di toko komputer atau layanan servis laptop. Dan performa laptop apabila kipas laptop tersebut rajin dibersihkan, akan tetap sempurna. Sekian artikel tentang cara membersihkan kipas laptop, laptop pun lebih awet, semoga bermanfaat.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: